Kendari (Antara News) - PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pasar murah sembako untuk membantu masyarakat mengingat harga berbagai kebutuhan tersebut bergerak naik.

"Pasar murah ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat menjelang Idul Fitri, di mana harga berbagai kebutuhan di pasaran terus merangkak naik," kata Kepala Kantor Jasa Raharja Sultra Nano B. Tjahjono di Kendari, Jumat.

Kegiatan pasar murah Ramadhan itu dilaksakan di Alun-alun Kota Kendari, Jumat.

Sedangkan mekanisme pelaksanaan kegiatan pasar murah tersebut yaitu dengan menyediakan kupon belanja untuk paket sembako. "Masyarakat membeli kupon, lalu menukar dengan satu paket sembako berisi 10 kilogram beras, dua kilogram gula pasir dan dua kilogram minyak goreng," katanya.

Harga satu paket sembako yang terdiri atas tiga jenis bahan tersebut ditetapkan sebesar Rp25.000, sementara harga sebenarnya satu paket sembako dibeli oleh Jasa Raharja kepada distributor dan pedagang mencapai Rp150.000.
"Jadi ada subsidi dari pemerintah melalui BUMN sebesar Rp100.000, itupun hasil penjualan Rp25.000 perpaket akan disumbangkan ke masjid atau panti asuhan," katanya.

Dalam pasar murah tersebut, Jasa Raharja menyiapkan 1.000 paket sembako sesuai dengan jumlah kupon belanja yang sudah terjual pada masyarakat tiga kelurahan yang ada di kendari yakni Kelurahan Kemaraya, Kelurahan Lahundape dan Kelurahan Korumba.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024