Kendari (Antara News) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari membuka posko kesehatan menjelang arus mudik dan arus milir lebaran tahun 2016 di setiap pelabuhan dan bandara yang ada di Sulawesi Tenggara.

Kepala Seksi Upaya Kesehatan dan Lintas Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan Kendari dr Hj Wahyuni Harti Thamrin M Kes, Rabu menjelaskan, berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, pihaknya di wajibkan membuka posko kesehatan di seluruh pelabuhan dan bandara yang ada di wilayah Sulawesi Tenggara.

Ia mengatakan, jumlah posko kesehatan yang disiapkan oleh Kantor Kesehatan Kendari sebanyak delapan posko untuk delapan pelabuhan dan empat posko kesehatan ditempatkan di empat bandara yang ada di Sultra.

Menurut Wahyuni, dengan adanya posko kesehatan tersebut masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik maupun milir nantinya dapat memanfaatkan posko kesehatan tersebut untuk mengecek masalah kesehatan.

"Sesuai dengan edaran dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit bahwa kami itu diwajibkan untuk membuka posko kesehatan yang ada di seluruh pelabuhan dan bandara se-Sulawesi tenggara," tutur Wahyuni Harti Thamrin.

Wahyuni mengatakan, posko kesehatan yang dibentuk tidak hanya memeriksa kondisi para pemudik namun juga akan memeriksa makan yang dijual di sekitar pelabuhan maupun bandara untuk mengantisipasi adanya makanan kadaluarsa yang dapat membahayakan para pemudik.

Untuk diketahui posko kesehatan yang dapat digunakan saat mudik nantinya, yakni posko Kesehatan pelabuhan Nusantara Kendari, Pelabuhan Feri, Pelabuhan Rakyat, Pelabuhan Pangulu Belo Wanci, Pelabuhan Feri Wanci-Kamaru, Pelabuhan Rakyat Wangi-Wangi, Pelabuhan Penyebrangan Feri Nusantara Kolaka dan Pelabuhan Murhum Kota Baubau.

Sedangkan jumlah posko kesehatan yang berada di bandara sebanyak empat posko masing-masing posko kesehatan di Bandara Haluoleo Kendari, Bandara Sangia Ni Bandera Kolaka, Bandara Matahora Wakatobi dan Bandara Betoambari Kota Baubau.

Pewarta : Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024