Kolaka (Antara News) - Bupati Kolaka Ahmad Safei bersama Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, Dirjen Pertanian menjadi pembicara pada seminar nasional "Optimalisasi Peran Pemerintah Pusat Dalam rangka Peningkatan Produktivitas Kakao"  yang berlangsung di Jakarta.

"Pada kegiatan seminar itu Bupati Kolaka menyampaikan pokok pikiran mengenai kebijakan integrasi tanaman kakao dan jagung serta program keberlanjutan Gerakan Nasional (Gernas) kakao," kata Kabag Humas Setda Kolaka,Amri Jamaluddin yang mendampingi Bupati Kolaka di Jakarta.

Menurut dia, dalam seminar itu Pemerintah Kabupaten Kolaka mengingatkan kepada Pemerintah Pusat agar lebih fokus dalam peningkatan produksi kakao termasuk kebijakan anggaran dari pemerintah pusat.

"Ada kebijakan Kementerian Pertanian terutama kepada daerah-daerah penghasil kakao akan mengalokasikan dana sekitar Rp1 triliun sesuai dengan janji Presiden Jokowi," ungkap Amri.

Dana itu nantinya, kata Amri, diperuntukkan kepada daerah penghasil kakao untuk meningkatkan hasil, namun hingga kini belum turun ke pemerintah kabupaten penghasil kakao.

Kegiatan seminar dengan tema "Memastikan Masa Depan Kakao Dunia" itu diselenggarakan oleh media perkebunan yang bekerja sama dengan Kementerian Pertanian yang dihadiri oleh para pengusaha nasional.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024