Kendari (Antara News) - Gubernur Sulawesi Tenggara H. Nur Alam mengatakan banyak keutaman bulan Suci Ramadhan yang tidak dimiliki di bulan lain.

"Alangkah meruginya umat Islam, bila di bulan suci ini tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena bulan Ramadhan ini, amal kebaikan umat akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda," ujarnya saat menyampaikan ceramah Ramadhan di Masjid Agung Alkautsar Kendari, Kamis malam.

Bahkan, lanjut Nur Alam, bila ummat Islam menjalani puasa dengan sempurna, maka selain diampuni seluruh dosa yang lalu juga banyak keberkahan yang diturunkan Allah SWT yang tidak disangka-sangka.

"Maka kita sebagai umat Muslim sudah seharusnya tidak melewatkan bulan Ramadhan dengan kegiatan yang sia-sia, namun harus banyak bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT," ujarnya.

Ia mengatakan, keutamaan bulan Ramadhan atau bulan penuh berkah ini karena merupakan bulan diturunkannya Alquran, selain itu amal shaleh yang berlipat ganda, pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup.

"Di bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang mendidik untuk mencapai ketaqwaan dan yang paling terakhir terdapat malam lailatul qadar," ujarnya.

Dengan demikian, kata Nur Alam, esensi puasa adalah menjaga ibadah untuk lebih takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan tidak melupakan hubungan silaturrahmi antara sesama umat manusia di mana pun kita berada.

Gubernur Sultra yang mengawali kegiatan safari Ramadhan 1437 Hijriah, didampingi Ketua DPRD Sultra H. Abdurrahman Saleh dan sejumlah pejabat eselon dua Setda Provinsi Sultra itu, dilanjutkan dengan shalat tarwih bersama jamaah Masjid Agung Alkautsar Kendari.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024