Baubau (Antara News) - Kapolres Kota Baubau AKBP Suryo Aji menyatakan akan memprioritaskan penyelesaian konflik antarkelompok yang ada di Kelurahan Bonebone dan Keluraharan Tarafu yang kerap kali bertikai dan menganggu suasan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) di daerah itu.
     "Konflik antarkelompok wilayahjbIni menjadi skala prioritas untuk diselesaikan, sebab masalah sosial ini bukan baru kali pertama, tapi sudah kerapi terjadi sebelaum saya menjabat Kapolres Baubau," ujar Suryo kepada wartawan di Baubau, Sabtu.
     Menurut Suryo, kasus pelemparan belasan rumah warga di Kelurahan Tarafu Kecamatan Batupoaro yang mengakibatkan sejumlah bagian jendela kaca rumah pecah, oleh orang tak dikenal pada Sabtu dini hari belum diketahui penyebabnya.
     "Beri saya waktu untuk menyelesaikan persoalan ini. Saya tidak mau banyak bicara, tapi mau bekerja," ujar Syru Aji yang baru menjabat Kapolres Baubau.
     Ia juga mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan kedua Lurah dan Camat wilayah yang bertikai itu guna mencarikan solusi untuk menyelesaikan persoalan itu, sehingga tidak berkembang luas.
     Kapolresjuga sudah menghimbau ketua RT/RW di dua wilayah kelurahan itu untuk memantau dan menyampaikan kepada warganya agar tidak ada yang berkumpul di waktu tengah malam.
     Selain itu, lanjut dia, ia juga mengintruksikan seluruh polsek di wilayah hukum Polres Baubau khususnya polsek sekitar wilayah konflik tersebut untuk melakukan razia terharap warga yang meminum minuman keras, termasuk jika ada oknum anggota polisi yang kedapatan meminum miras itu akan diberi sanksi dengan tindakan yang tegas.
     "Saya sudah perintahkan 'zero' miras di wilayah tersebut. Mudah-mudahan dengan apa yang kita lakukan itu ada efek jera, sehingga persoalan di masyarakat itu tidak berkembang luas," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024