Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari meminta pengusaha atau pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk berani atau tidak takuk menghadapi persaingan pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Persaingan adalah hal yang semestinya dihadapi pelaku IKM dalam rangka mengembangkan bisnisnya agar terus tumbuh dan berkembang," kata Sekda Kendari Alamsyah Lotunani di Kendari, Rabu.

Menurut dia, persaingan usaha sudah menjadi hal yang baisa, baik sebelum berlakukan pasar beas MEA maupun setelah berlakunya pasar bebas masyarakat ekonomi ASEAN tersebut.

"Hal terpenting yang harus kita lakukan terus meningkatkan kemampuan SDM pengusaha termasuk kualitas produksi harus dipertahankan," ujar Alamsyah.

Ia mengatakan, pemberlakukan MEA memungkinkan pengusaha lokal untuk tembus pasar ASEAN asalkan produknya mampu bersaing.

"Ini fakta, karena produk ataupun palaku dari dari luar negeri bisa mudah masih di daerah kita, tentnya juga sebaliknya kita bisa mudah ke negara mereka," katanya.

Alamsyah mengaku akan terus memperkuat dan mengembangkan IKM agar usaha yang dikembangkan tidak hanya sektor tertentu tetapi bisa banyak sektor seperti sektor pertanian, perikanan dan usaha kecil lainnya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024