Baubau (Antara) - Wali Kota Baubau AS Tamrin secara pribadi menyerahkan wakaf sebanyak 200 buah Kitab Suci Alquran kepada tempat pengajian Alquran (TPQ) di Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Baubau.

"Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriah semoga penyebaran Kitab Suci Alquran ini dapat dimanfaatkan menjadi sumber inspirasi dan nilai-nilai yang harus diteladani dalam kehidupan sehari-hari," ujar AS Tamrin usai mengikuti Tablig Akbar di Pondok Pesantren Hidayatullah Baubau, Selasa.

Menurut Tamrin, penyebaran ajaran nilai-nilai agama ini sangat bermanfaat karena di era globalisasi dengan perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap generasi dewasa ini yang dengan mudah mengakses berbagai informasi, baik terkait pornografi, kebohongan, fitnah memfitnah dan hujat menghujat yang tidak sesuai kehendak Pancasila dan budaya bangsa ini.

"Kita harapkan jangan terbawa atau terkontaminasi oleh pengaruh teknologi. Oleh karena itu melalui penyerahan kitab suci Alquran ini dapat dibaca dan dijadikan sumber inspirasi dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Ia juga menghimbau masyarakat agar lebih giat mendekatkan diri jelang hingga menjalani bulan suci ramadhan 1437 Hijriah, sehingga pelaksanaan ibadah selama bulan puasa nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara itu Ustadz Muhammad Aqib Junaid mengatakan, kehadiran Alquran dalam kehidupan dapat memberikan berkah dan suasana yang indah dalam kehidupan kita sehari-hari.

"Ada sebuah cerita seseorang mengalami masalah rumah tangga dan masalah di kantor. Namun saat memutuskan pulang ke rumah yang begitu macet dia memutar radio dalam mobil yang isinya lantunan ayat suci Alquran, setelah tiba di rumah sang istri membuka pintu memberi senyum dan terasa menghilangkan suasana masalah yang dihadapinya," ujar ustadz Akib dalam ceramahnya.

Untuk itu, kata dia, Alquran adalah mujizat yang bukan buku cetakan biasa, tetapi memiliki kekuatan luar biasa yang harus diteladani dalam kehidupan sehari-hari, karena Allah menurunkan Alquran telah memberikan garansi.

"Kalau di rumah kita selalu terdengar bunyi ayat suci Alquran, maka suasana rumah itu akan diberkahi. Jangan ada Alquran hanya disimpan dalam lemari, tetapi perlu dibaca," katanya.

Pada acara penyerahan wakaf Kitab Suci Alquran yang juga dihadiri kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), majales taklim, dan para santri/santriwati Pondok Pesantren Hidayatullah Baubau itu akan disalurkan di sejumlah TPQ wilayah di Kepulauan Buton itu antara lain TPQ Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah dan Buton Utara.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024