Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia para pekerja menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN.
"Hanya dengan kualitas SDM yang baik sehingga para pekerja kita mampu bersaing dengan tenaga kerja asing dalam menghadapi persaingan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," kata Kepala Dinsperindagkop dan UMKM Kendari, Syam Alam, di Kendari, Sabtu.
Ia mengatakan, memasuki pasar bebas MEA ada lima arus bebas yang harus dihadapi, yakni pembebasan arus barang, jasa, modal, investasi dan tenaga kerja di 10 negara yang menerapkannya.
"Sehingga kita harus siap meningkatkan kualitas tenaga kerja agar dapat ikut memanfaatkan peluang dalam MEA tersebut," kata Syam Alam.
Menurut dia, selain meningkatkan kualitas pekerja Pemkot Kendari melalui dinas terkait juga akan terus mendorong usaha kecil menengah agar mampu meningkatkan produknya dengan kemasan yang tidak kalah menarik dari produk yang ada di negara lain.
"Kemasan produk juga harus kita naikkan agar lebih menarik dan mudah dijangkau oleh negara asing," jelasnya
Ia menegaskan, pasar bebas MEA bukanlah momok yang harus ditakuti, namun perlu dijadikan peluang mengembangkan usaha dan siap bersaing dengan negara lain.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024