Kendari (Antara News) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2016 mendapat jatah beasiswa 30 siswa SMA sederejat berprestasi kategori afirmasi daerah tertinggal untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi (PT).

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sultra Damsid di Kendari, Rabu mengungkapkan, biaya pendidikan bagi 30 siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi itu sepenuhnya ditanggung pemerintah pusat termasuk biaya penginapan dan biaya hidup.

"Perguruan Tinggi yang akan menampung siswa berprestasi itu, yakni di Universitas Sultan Agung Semarang dan Institut Teknologi Surabaya," kata Damsid.

Damsid mengatakan, untuk menjangkau masyarakat luas memperoleh pendidikan gratis dari pemerintah, Diknas Sultra juga masih melaksanakan program cerdas Sultraku, berupa beasiswa plus bagi siswa di sekolah keberbakatan olah raga.

"Di sekolah keberbakatan olah raga ini, semua biaya hidup, mulai dari makanan, pakaian hingga uang saku, sepenuhnya dibiayai pemerintah," katanya.

Berbagai program pendidikan gratis yang telah diluncurkan tersebut, merupakan wujud peran pemerintah memperluas dampak pendidikan terhadap seluruh anak bangsa untuk mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

Pewarta : Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024