Kolaka (Antara News) - Dinas Sosial Kabupaten Kolaka menyerahkan bantuan jaminan hidup (jadup) kepada sekitar 400 orang warga lanjut usia (lansia) yang tidak memiliki kemampuan ekonomi di daerah itu.

Penyerahan bantuan jadup dari Dinas Sosial tersebut dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Sultra Nur Alam yang didampingi Bupati Kolaka Ahmad Safei, Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir dan Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin di Kolaka, Senin.

Sebelum penyerahan bantuan sosial tersebut, Kepala Dinas Sosial melaporkan bahwa pemberian bantuan kepada warga lansia itu merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Kolaka yang memiliki rasa peduli kepada masyarakat yang tidak memiliki kemampuan ekonomi.

"Kegiatan ini adalah yang kedua setelah tahun lalu pihak Pemerintah Kabupaten Kolaka juga menyerahkan bantuan yang sama kepada warga lansia yang tidak berdaya secara ekonomi sebanyak 500 orang," ujarnya.

Tahun ini, kata dia, pemberian jadup kepada lansia itu menurun jumlahnya dan setiap warga akan diberikan bantuan serupa uang tunai sebesar Rp280.000 per orang.

Mustajab juga melaporkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kolaka tahun ini akan menyerahkan kartu jaminan kesehatan yang terintegrasi BPJS kepada 14.110 orang warga penerima. "Ini juga merupakan program Pemerintah Kabupaten Kolaka yang diberikan secara gratis kepada warga penerima binaan Dinas Sosial," ujarnya.

Pada acara pertemuan itu juga Gubernur Sultra menyerahkan dua unit kursi roda kepada penyandang cacat.

Gubernur Sultra Nur Alam sementara berkantor di Kabupaten Kolaka selama sepekan dalam rangka pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Provinsi Sultra, 23-27 April 2016 yang dipusatkan di daerah itu.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024