Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari meminta seluruh pedagang pasar di kota itu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah kebakaran pasar.

"Fakta selama ini, banyaknya peristiwa kebakaran pasar yang terjadi disebabkan kelalaian pedagang dalam menggunakan daya listrik secara tidak teratur," kata Wali Kota Kendari, Asrun, usai meresmikan pasar tradisional Lapulu, Senin.

Ia mengatakan, pedagang harus menggunakan fasilitas kelistrikan yang sesuai standar agar meminimalisir terjadinya musibah kebakaran yang diakibatkan peralatan tidak standar. "Karena terjadinya musibah kebakaran sejumlah pasar di Kendari akibat hubungan arus pendek listrik, sebagai dampak penggunaan peralatan listrik yang tidak memenuhi standar," katanya.

Asrun juga meminta kepada pedagang untuk menjaga kebersihan pasar demi kenyamanan pembeli yang berbelanja ke tempat itu. "Kalau pasar kotor maka jangan salahkan jika tempat itu sepi pembeli, karena pembeli akan memilih pergi di super market," katanya.

Asrun berjanji akan meningkatkan sarana fasilitas kepada sejumlah pasar yang ada di tempat itu, seperti menambah lods agar banyak pedagang tradisional yang mendapat fasilitas sama.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024