Kendari (Antara News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa sedikitnya ada enam kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berpotensi hujan lebat.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Aris Yunatas, Senin, mengatakan enam kabupaten yang diprediksi hujan lebat yakni Kota Kendari, Kolaka, Bombana, Konawe Selatan, Buton Utara dan Konawe Kepulauan.

"Kondisi ini diperkirakan akan terjadi siang hingga malam hari. Namun di beberapa kabupaten lainnya ada yang kondisinya cerah dan berawan," ujarnya.

Ia mengatakan, pada 15 kabupaten dan dua kota di Sultra sebagian daerah terjadi berawan dan berawan tebal disertai hujan ringan, dengan kelembaban suhu antara 24 -32 derajat celsius.

Angin bertiup dengan rata-rata kecepatan 20 knot dengan kelembaban udara antara 70-95 persen.

BMKG Kendari, lanjut Aris, juga merilis prakiraan cuaca di sejumlah pelabuhan laut di 13 wilayah, meliputi Salakan Banggai dan Kolonodale (Sulawesi Tengah), Langara Wawonii (Konawe Kepulauan), pelabuhan perikanan samudar (Kendari), Sikeli Kabaena (Bombana) dan pelabuhan Torobulu (Konawe Selatan).

Kemudian di pelabuhan Tampo (Muna), Waode Buri (Buton Utara), Wanci (Wakatobi), Pagimana Luwuk (Sulteng) dan Dongkala Kabaena (Bombana) dengan kondisi cuaca umumnya cerah berawan, kecuali di pelabuhan Pagimana Luwuk hujan ringan.

Tinggi gelombang di wilayah pelabuhan itu rata-rata 1 meter hingga 1,25 meter dengan kecepatan angin rata antara 1-8 knot hingga 1-15 knot.

Pewarta : Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024