Kendari (Antara News) - PT Jasa Raharja (Persero) cabang Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan penyaluran dana pinjaman program kemitraan bagi pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) di daerah itu sebesar Rp550 juta pada tahun 2016.

"Tahun 2016 ini, kami akan siapkan Rp550 juta khusus untuk membangun UKM di Sultra agar bisa mengembangkan usahanya," kata Kepala Jasa Raharja Sultra, Nano B Tjahjono, di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, program pinjaman tersebut disalurkan bagi pelaku UKM sebagai modal mengembangkan usahanya, sehingga usaha kecil tersebut diharapkan menjadi lebih berdaya saing dan mandiri.

"Pelaku UKM yang menjadi mitra Jasa Raharja di Sultra antara lain bergerak di sektor peternakan, perdagangan, industri rumah tangga, koperasi dan jasa," katanya.

Menurut dia, dari target tersebut telah tersalur untuk tahap pertama sebesar Rp290 juta, sisanya sebesar Rp260 juta akan disalurkan dalam dua tahap berikutnya.

Ia mengakui, selama menyalurkan program kemitraan, para mitra binaan juga sangat patuh dalam membayar cicilan sehingga tidak ada tunggakan kredit.

"Misi dari program kemitraan ini adalah membantu dalam hal permodalan dan manajemen usaha kecil dan menengah di lingkungan sekitar wilayah Jasa Raharja," ujarnya.

Bantuan yang diberikan nantinya disertai pendampingan pelatihan kewirausahaan, sehingga mereka mendapat pengetahuan tambahan dalam mengelola usaha.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024