Kendari (Antara News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Sulawesi Tenggara menggelar rapat atau "technical meeting" kesiapsiagaan persiapan pelaksanaan gladi bencana banjir, di Kendari, Kamis.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Sekda Sultra, Lukman Abunawas dan diikuti berbagai unsur terkait seperti TNI/Polri, SAR, PMI petugas medis dan komunitas "rescue" yang akan terlibat dalam gladi bencana sehari tersebut.

"Kegiatan ini untuk mengetahui kesiapan Gladi bencana banjir, untuk melihat kesiapan institusi-institusi yang berada dalam satuan penanggulangan bencana," kata Lukman.

Ia mengatakan, hal itu diperlukan karena penanganan bencana alam, tidak dapat ditangani satu institusi saja, tapi melibatkan semua pihak secara bersama.

"Dalam `technical meeting` ini, fokus dibicarakan kegiatan dalam gladi bencana itu, seperti penanganan evakuasi dan penanganan lanjutan korban ketika berada di tempat pengungsian," katanya.

Yang ingin dilihat kata dia, seperti apa keterlibatkan masyarakat dan instansi/lembaga pemerintah sesuai tugas dan fungsinya dalam penanganan bencana.

"Gladi bencana banjir akan dilakukan pekan depan pada salah satu titik yang sudah ditentukan di Kota Kendari," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024