Andoolo   (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIII tahun 2016 tingkat Kabupaten Konawe Selatan.

MTQ yang diikuti utusan dari 25 kecamatan itu dibuka oleh penjabat Bupati Konawe Selatan Irawan Laliasa di lapangan Andoolo, Senin, dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Sultra Mohamad Ali Irfan, Ketua DPRD Konawe Selatan Irham Kalenggo dan unsur Muspida Konawe Selatan.

"MTQ tingkat Kabupaten Konawe Selatan XIII ini merupakan salah satu sarana syiar Islam atau media dakwah sehingga diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai Islam," kata Irawan Laliasa.

Irawan berharap kegiatan itu bisa membangun dan memperkuat citra positif Islam di Konawe Selatan dan nasional pada umumnya.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra Mohamad Ali Irfan mengatakan kegiatan MTQ bertujuan meningkatkan ukhuwah Islamiyah melalui jalinan budaya baca Al Quran serta pemahaman isi dan kandungan Al Quran.

"Kegiatan ini sangat meriah, peserta yang hadir saat pembukaan sangat besar. Ini menunjukkan dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat yang mengharapkan kegiatan ini benar-benar bisa menghasilkan sesuatu yang berguna dalam hal pembangunan keumatan," katanya.

Ia berharap kepada majeslis hakim atau dewan juri agar lebih cermat dalam menentukan pemenang sesuai dengan kriteria penilaian.

Kepala Kemenag Konawe Selatan Ahmad Lita melaporkan kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Andoolo itu diikuti kafilah dari 25 kecamatan yang ada di Konawe Selatan dan akan berlangsung mulai 25 Januari sampai 30 Januari 2016.

Disebutkan, cabang-cabang yang dilombakan adalah cabang Tilawah Al Quran golongan dewasa, remaja, kanak-kanak, cacat netra dan tartil, serta Qiraat Al Quran Mujawad dan Qiraat Al Quran Murattal. Cabang Hifzl Al Quran golongan 1 Jus tilawah, 5 Jus Tilawah, 10 jus, 20 jus dan 30 jus tilawah.

Kemudian Cabang Khat Al Quran golongan naskah, hiasan Mushaf, Dekorasi dan Kaligrafi kontemporer. Cabang Tafsir Al Quran golongan Bahasa Arab, bahasa Indonesia dan bahasa Ingris. Cabang Fahmil Al Quran golongan MTs/SMP/MA/SMU/SMK. Cabang Syahril Al Quran golongan MTs/SMP/MA/SMU/SMK. Cabang Musabaqah Makalah Al Quran (MMQ) dan cabang Qasidah bintang vokalis/seni Fashion Islami dan Qasidah klasik.

"Pemenang masing-masing lomba akan mewakili Konawe Selatan pada MTQ tingkat Provinsi Sultra yang akan dilaksanakan di Kota Baubau April mendatang," katanya.

Sebelum pembukaan, terlebih dahulu diawali pawai ta`aruf yang diikuti ribuan peserta dari perwakilan masing-masing kecamatan dan penampilan tari kolosal dari Pesantren Gontor 4 Putri Konda Konawe Selatan.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024