Kendari (Antara News) - Dinas Sosial Sulawesi Tenggara tahun 2016 menyediakan dana bantuan kelompok usaha bersama (KUBE) Rp7 miliar.

Kepala Dinas Sosial Sultra Iskandar di Kendari, Selasa mengatakan dana bantuan KUBE yang akan diberikan sebagai bantuan pemberdayaan ekonomi tersebut bersumber dari Kementerian Sosial.

"KUBE yang akan diberikan bantuan pemberdayaan ekonomi itu masyarakat kurang mampu yang tersebar di wilayah 15 kabupaten dan dua kota se-Sultra," katanya.

Setiap kelompok KUBE yang beranggotakan 10 kepala keluarga, kata dia, rencananya akan diberikan bantuan pemberdayaan ekonomi sebesar Rp30 juta.

Menurut dia, kelompok KUBE yang diberikan bantuan dana pemberdayaan ekonomi tersebut adalah keluarga yang berpenghasilan rendah dan belum memiliki rumah layak huni atau rumah masih lantai tanah.

"Kriteria rumah tidak layak huni adalah rumah yang masih atap daun nipah, dinding anyaman bambu dan lantai rumah belum disemen," katanya.

Ia mengatakan Kementerian Sosial tahun ini menyentuh sebanyak kurang lebih 230 KUBE atau lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 100 KUBE.

"Kita harapkan dengan bantuan pemberdayaan ekonomi tahun ini masyarakat yang selama ini berpenghasilan rendah, bisa membaik tingkat kesejahteraannya," katanya.

Pewarta : Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024