Baubau (Antara News) - Wali Kota Baubau AS Tamrin melakukan perombakan "kabinet" dan melantik sebanyak 234 pejabat eselon II, III dan IV, yang menduduki posisi kepala dinas/badan/kantor, dan kepala bidang/bagian, serta kepala seksi di satuan kerja perangkat daerah (SKPD), pemerintah kecamatan dan kelurahan di lingkup Pemerintah Kota Baubau.


Pelantikan para pejabat kabinet tersebut berlangsung di Aula Palagimata Kantor Walikota Baubau, Kamis, dihadiri Wakil Wali Kota Baubau, Hj Wa Ode Maasra Manarfa dan Sekretaris Daerah Kota Baubau, Muhammad Djudul

Pejabat eselon II yang dilantik dan diambil sumpahnya itu antara lain Roni Muchtar sebagai Kepala Bappeda yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD), Asmaun sebagai Kepala BKDD sebelumnya menduduki Kepala Bappeda, Amiruddin sebagai Asisten Perekonomian Setda Kota Baubau, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perhubungan, dan Ali Arham sebagai Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik yang sebelumnya sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Selain itu, La Ode Aswad dilantik sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kota Baubau, Muslihi sebagai Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral, H Maulana Gafur sebagai Kadis Tata Kota dan Bangunan yang sebelumnya menjabat Asisten II Setda Kota Baubau.

Sementara sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berubah nomenklaturnya, yakni Dinas Pekerjaan Umum kini menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dijabat Abdul Rahim, Dinas Perdagangan dan Industri yang sebelumnya Dinas Perindagkop dan UMKM dijabat Radjun, serta Dinas Koperasi dan UMKM dijabat Muhamad Amsir Afie yang sebelumnya menjabat Asisten I Setda Kota Baubau, dan Muhammad Salim sebagai Kadis Perhubungan yANG sebelumya menjadi Kadis Pertambangan dan Energi

Wali Kota Baubau juga melantik Abdul Fatar sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah, Abdul Karim sebagai Kepala Badan Penanaman Modal, yang sebelumnya menduduki Kasat Polisi Pamong Praja (Pol PP), Abdul Rajab sebagai Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang sebelumnya menjabat Kadis Perizinan, serta Samsul Bahri sebagai Kasat Pol PP sebelumnya Kepala Kesbangpol.

Sedangkan La Ode Muslimin Hibali sebagai Kepala Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) yang sebelumnya menjabat Camat Wolio, dr Hasmuddin sebagai Direktur BLUD RSUD, Muhammad Juliarson sebagai Kepala Kantor Penghubung Kota Baubau, La Ode Anwar sebagai Camat Wolio, Sitti Munawar menduduki posisi Camat Murhum.

Rahmat Tuta sebagai Kabag Administrasi Pemerintahan Setda Kota Baubau, Yakub sebagai Kepala Bagian Otonom Setda Kota Baubau, Asmahani sebagai Kepala Bagaian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Baubau, Muhammad Tasdik sebagai Kabag Hukum setda Kota Baubau,

Wali Kota Baubau AS Tamrin mengatakan, pelantikan pejabat tersebut merupakan hal yang wajar di setiap organisasi pemerintahan, apalagi prosesnya secara cermat ditempuh dengan pembicaraan, sehingga ada perbaikan-perbaikan dalam melaksanakan tugas.

“Sudah sekian lama wacana adanya pelantikan, namun baru kali ini kita laksanakan. Dan mutasi ini merupakan sesuatu yang biasa dalam penyegaran birokrasi pemerintahan, apalagi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Tamrin.

Menurut dia, dalam birokrasi pemerintahan seseorang diberikan peringatan ataupun teguran merupakan pembinaan. Bahkan, bisa-bisa saja gaji yang bersangkutan ditahan termasuk penundaan dan penurunan pangkat.

Ia juga menuturkan, hasil kinerja selama ini banyak juga hal-hal yang menimbulkan kebaikan di pemerintahan dan di masyarakat, kinerja dan jerihpaya yang sudah diabdikan kepada daerah merupakan andil yang besar dalam pembangunan daerah.

Sedangkan yang masih kurang dalam menjalankan tugas  bisa mengintropeksi dan melakukan refleksi diri, karena manajeman pemerintahan terus berputar dan akan terus dievaluasi. Apalagi tahun 2015 sebentar lagi akan ditinggalkan dan menyonsong tahun 2016. Oleh karena itu, kita harus benar-benar mengenang kembali untuk diperbaiki dalam membangun daerah ini.

“Saya atas nama kepala daerah mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru, dan menyonsong tahun 2016, semoga di tahun depan kinerja aparat birokrasi lebih baik lagi dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024