Kendari  (Antara News) - Kontingen cabang olahraga dayung Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membidik sembilan tiket menuju PON XIX Jawa Barat dari jenis perahu naga yang sedang menggelar prakualifikasi di Palembang.

Pelatih perahu naga Sultra Dodong melalui telepon dari Palembang, Selasa, mengatakan 23 atlet putra dan 13 putri sedang menjalani pertandingan babak penyisihan.

"Sejak atlet dan pelatih menjalankan program latihan menyambut pra-PON sudah bertekad lolos PON. Kami sadari daerah lain mengusung tekad yang sama. Semua akan terjawab di arena lomba," kata Dodong, mantan atlet nasional itu.

Mewujudkan impian menyapu bersih sembilan tiket PON jenis perahu naga akan mendapat tantangan dari pedayung Kalteng, Jawa Barat, Kalsel, Jawa Tengah, Papua, Riau dan Kepri.

Tanpa meremehkan tim perahu naga daerah lain namun dominasi perolehan medali emas Kalteng dari lintasan perahu naga pada PON XVIII di Pekanbaru tahun 2012 adalah bukti, katanya.

Pedayung perahu naga putra yang berkekuatan 23 atlet akan berlaga pada enam nomor pertandingan, sedangkan pedayung putri perahu naga akan berburu tiket pada tiga nomor pertandingan.

Enam nomor pertandingan putra dengan 20 pedayung untuk jarak 1000 meter, 5000 meter dan 250 meter dan 10 pedayung untuk jarak 1000 meter, 500 meter dan 250 meter.

Sedangkan atlet perahu naga putri dengan 10 pedayung akan berlomba pada jarak 1000 meter, 500 meter dan 250 meter.

Secara terpisah Sekretaris PODSI Sultra Firman Aco mengatakan lomba prakualifikasi jenis kayak dan cano yang sudah memasuki babak final memastikan kontingen Sultra sudah mengamankan 14 tiket menuju PON XIX Jawa Barat 2016.

"Sultra optimistis mampu menambah tiket PON dari perlombaan perahu naga," kata Firman. 

Pewarta : Sarjono
Editor :
Copyright © ANTARA 2024