Jayapura (Antara News) - Pemerintah Indonesia dan Papua Nugini akan menggelar pertemuan untuk membahas isu-isu perbatasan antarkedua negara selama dua hari di Kota Jayapura, Papua,.

        Kepala Badan Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua Suzana Wanggai di Jayapura, Kamis, mengatakan pertemuan ini diawali dengan rapat masing-masing delegasi di hari pertama sehingga dapat memantapkan pertemuan hari kedua.

        "Agenda dalam pertemuan ini adalah pembahasan masalah infrastruktur, keamanan, dan ekonomi dari masing-masing negara," katanya.

        Menurut Suzana, hal terpenting dalam pertemuan ini adalah konsultasi untuk memantapkan posisi kedua negara khususnya dengan Provinsi Papua sebagai wilayah perbatasan.

        "Dalam pertemuan ini, kedua pihak menghadirkan instansi-instansi terkait seperti pengamanan perbatasan, imigrasi dan karantina," ujarnya.

        Dia menuturkan selain itu juga akan dihadirkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis seperti Dinas Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi serta SAR yang dianggap sangat penting.

        "Permasalahan perbatasan sangatlah kompleks sehingga diperlukan solusi untuk mengantisipasinya dan hal itu akan dibicarakan dalam pertemuan ini," katanya lagi.

        Dia menambahkan pertemuan antara kedua negara ini akan dipimpin oleh delegasi dari Indonesia, mengingat pertemuan ini dilaksanakan di Kota Jayapura.

Pewarta : Oleh Hendrina Dian Kandipi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024