Kendari (Antara News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan mencatat sudah enam unit Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara yang terintegrasi ke Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan.

"Enam kabupaten/kota tersebut yakni dua berada di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Kendari yakni Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan dengan jumlah peserta 12.938 jiwa," kata kepala BPJS Cabang Kendari, Diah Eka Rini, di Kendari, Minggu.

Empat daerah lainnya, kata Diah, berada di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Baubau yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, Kabupaten Muna dan Buton Utara dengan jumlah peserta 16.363 jiwa.

"Total peserta BPJS Kesehatan di Sultra hasil integrasi program Jamkesda sebanyak 29.001 jiwa," katanya.

Menurutnya, cepat lambatnya integrasi itu bergantung pada daerah setempat.

"Kami tak bisa komentar terlalu jauh, sebab cepat lambatnya program Jamkesda di kabupaten/kota itu bergantung kepada daerah itu sendiri," tandasnya.

Ia mengatakan, di Sultra terdapat dua Kantor Cabang BPJS Kesehatan yakni Cabang Kendari membawahi sembilan kabupaten/kota dan Cabang Baubau membawahi delapan kabupaten/kota.

Cabang Kendari membawahi Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Bombana dan Kota Kendari. Sedangkan Cabang Baubau membawahi Kabupaten Buton, Muna, Wakatobi, Buton Utara, Buton Tengah, Muna Barat, Buton Selatan dan Kota Baubau.

Pewarta : Oleh Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024