Kendari  (Antara News) - Ribuan masyarakat Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) memadati kawasan pantai Kendari sejak pukul 07.30 - 10.30 Wita, menyaksikan upacara dan atraksi dalam rangka memperingati HUT ke-70 TNI 2015, Senin.

Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup), Gubernur Sultra Nur Alam didampingi Komandan Korem 143/HO Kolonel ZCI Rido Hermawan, Danlanal Kolonel Laut Aris Harijadi, Danlanud serta Wakapolda Kombes Razali.

Hadir pada upacara HUT TNI yang baru pertama kali dilakukan di pinggiran pantai Kota Kendari itu di antaranya Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh, mantan gubernur Sultra Ali Mazi, Wakil Gubernur HM Saleh Lasata, Rektor UHO Prof.Dr.Usman Rianse, para Veteran/Pejuang Kemerdekaan dan sejumlah pejabat sipil dan pimpinan partai, Ormas dan tokoh masyarakat di daerah ini.

Sesudah upacara defile yang dipimpin gubernur Sultra itu, masyarakat Kendari tidak mau ketinggalan untuk menyaksikan atraksi yang dilakukan pasukan TNI gabungan dari tiga angkatan dengan menyelamatkan sandera di dalam sebuah kapal yang dibajak oleh kelompok teroris bersenjata.

Letupan senjata dan bunyi bom di darat maupun di laut berlangsung sengit antara pasukan TNI dan kelompok teroris bersenjata, namun dengan taktik perang yang dilakukan pasukan TNI dengan waktu hanya beberapa menit saja dapat melumpuhkan pasukan bajak laut dengan kelompok terorisnya itu.

HUT TNI ke-70 dengan tema "Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian", juga memperagakan ketangkasan bela diri Yangmodo dari negara Korea oleh pasukan TNI-AD dari kesatuan Korem dan Yonit 725 Woroagi.

Mendapat sambutan antusias dari para tamu dan masyarakat yang menyaksikan langsung peragaan dan atraksi TNI tersebut, Komandan Korem 143/HO, Kolonel Rido Hermawan mengatakan bahwa TNI yang merupakan bagian dari rakyat akan sepenuhnya mengabdikan dirinya untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

"TNI tanpa rakyat tak ada apa-apanya dan sebaliknya rakyat tanpa TNI akan lemah," kata Danrem seraya menambahkan, rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Sultra pada umumnya dan Kota Kendari pada khususnya atas terselenggaranya perayaan HUT TNI yang berjalan lancar, aman dan tenteram itu.

Pewarta : Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024