Kendari (Antara News) - Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) mempertandingkan nomor baru kategori cano putri pada prakualifikasi PON XIX.
Sekretaris PODSI Sulawesi Tenggara Firman Aco di Kendari, Senin, mengatakan pembukaan nomor cano putri terobosan yang patut mendapat dukungan daerah-daerah karena potensi atlet putri cukup menjanjikan.
"Keputusan mempertandingkan nomor cano putri melalui kajian yang melibatkan para pakar yang terkait dengan dunia keolahragaan dan kesehatan," kata Firman.
Oleh karena itu, lanjutnya, pengurus dayung di daerah-daerah menyambut baik, bahkan ada daerah yang membidik tiket PON XIX dari nomor cano putri.
"Sultra sedang memantau atlet yang cocok untuk dipersiapkan khusus kategori cano putri. Tidak sulit karena cukup banyak pedayung kayak maupun perahu naga yang bermaterikan atlet putri," ujarnya.
Pelatih perahu naga Dodong mengatakan cano putri peluang baru bagi kontingen Sultra untuk merebut tiket PON.
"Calon-calon pedayung cano putri sudah ada tetapi pelatih masih mengamati siapa yang paling pas," kata Dodong, mantan pedayung nasional.
Saat ini PODSI Sultra menggodok 56 atlet yang terdiri dari 42 atlet putra dan 14 putri dalam pelatda menghadapai prakualifikasi PON yang dijadwalkan 13-19 November di Jawa Barat.

Pewarta : Oleh Sarjono
Editor :
Copyright © ANTARA 2024