Kendari (Antara News) - Mohammad Zayat Kaimoeddin yang juga anak mantan Gubernur ke-6 Sulawesi Tenggara La Ode Kaemoddin diangkat dan diambil sumpahnya menjadi Penjabat Bupati Muna.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Pj Bupati Muna itu dilakukan oleh Gubernur Sultra Nur Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor:131.74-4958 tahun 2015 di Ruang Merah Putih Kantor Gubernuran Sultra di Kendari, Rabu.

Zayat Kaimoeddin menggantikan bupati sebelumnya dr.LM Baharuddin yang telah berakhir masa jabatannya terhitung saat pelantikan pj bupati yang baru.

Nur Alam mengatakan, Zayat merupakan figur yang tepat untuk memimpin Muna. Salah satu alasannya yakni karena genetik dan kromosom, di mana Zayat merupakan anak mantan Gubernur Sultra La Ode Kaimoeddin.

"Zayat adalah anak dari seseorang yang pernah jadi bupati Muna sekaligus mantan Gubernur Sultra, sehingga tidak salah bila seorang Zayat pantas menduduki pj di daerah kelahirannya sendiri," kata dia.

Menurut Nur Alam, dengan kehadiran Zayat Kaimoedin di daerah eks penghasil kayu jati alam di Muna itu diharapkan dapat diterima baik oleh seluruh masyarakat di kabupaten itu.

Oleh karena itu Nur Alam berharap Zayat dapat menjalankan tugas dengan aman selama kurang lebih satu tahun.

Ia mengatakan, tugas seorang pj bupati hanya ada tiga yakni pertama menyelenggarakan birokrasi pemerintahan,  kedua melaksanakan pembangunan, dan ketiga memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati yang defenitif.

Gubernur Nur Alam juga memberi apresiasi jalannya pelantikan Pj bupati Muna yang dinilai paling tepat karena dihadiri mantan bupati Muna LM Baharuddin bersama wakilnya Malik Ditu.

"Saya katakan paling tepat proses pelantikan pj hari ini. karena usai pelantikan ada memori dan berita acara serah terima jabatan dari bupati lama ke Pj bupati baru," ujar gubernur seraya menambahkan bahwa selama dirinya menjadi gubernur sudah 14 kali melakukan pelantikan bupati dan pj bupati di luar pelantikan wali kota dan wakil wali kota hasil pemilihan secara langsung.

Rangkaian pelantikan Pj bupati Muna juga dilakukan serah terima jabatan Pelaksana Tim Penggerak PKK Kabupaten Muna oleh Ketua Tim penggerak PKK Provinsi Sultra, Hj Tina Nur Alam kepada Tim penggerak PKK Kabupaten Muna Ny Andi Fitriah Zayat Kaimoedin.

Pewarta : Oleh Azis Senong
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024