Kolaka (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Kolaka menyiapkan sekitar 250 hektar lahan yang akan dijadikan sebagai kawasan pendidikan dan penelitian di daerah penghasil perkebunan kakao dan tambang nikel terbesar di Sulawesi Tenggara itu.

Bupati Kolaka Ahmad Safei di Kolaka, Rabu, mengatakan, lahan yang disiapkan sebagai kawasan pendidikan tersebut berada di Kecamatan Latambaga atau di wilayah selatan Kabupaten Kolaka.

"Kami mengembangkan sebagai kawasan pendidikan di bagian utara itu karena di wilayah selatan Kolaka merupakan wilayah pertambangan dan industri," katanya.

Menurut dia, dalam perencanaan pembangunan kawasan pendidikan itu dengan menempatkan pembangunan Kampus Universitas Sembilanbelas November (USN) di wilayah bagian Utara itu.

"Untuk sementara Pemkab Kolaka membentuk tim untuk melakukan survei dan menentukan titik kawasan itu. Tim ini memang belum bekerja karena masih dalam tahap proses dan kalau ini terwujud maka ada pemerataan pendidikan," ujar mantan Sekda Kolaka itu.

Safei juga mengharapkan masyarakat yang ada di wilayah itu bisa mengerti akan cita-cita pemerintah daerah yang ingin memajukan dunia pendidikan. "Pemerintah Kabupaten Kolaka berkeinginan masyarakat daerah ini bisa maju dan sejahtera," ujar Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kolaka itu.

Pewarta : Oleh Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024