Andoolo (Antara News) - Anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Abdul Jabbar Toba menyarankan pemerintah daerah melakukan pembenahan pada sektor perpajakan dan retribusi guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Masih banyak potensi pada sektor itu yang belum terkelola dengan baik," ujar Abdul Jabbar di Andoolo, ibu kota Kabupaten Konawe Selatan, Rabu.

Ia menambahkan, dengan melakukan optimalisasi perpajakan, maka pemerintah daerah khususnya yang berada di kawasan timur Indonesia dapat meningkatkan pembangunan sehingga tidak jauh tertinggal dengan daerah-daerah yang berada di Indonesia bagian barat.

Menurutnya, hal yang dapat dilakukan untuk membenahi sektor perpajakan dan retribusi daerah yakni dengan memaksimalkan potensi yang ada, perbaikan kelembagaan, administrasi perpajakan, dan aturan perpajakan.

"Pengelolaan dan pengkajian sumber pajak harus segera dilakukan untuk dapat meningkatkan PAD sehingga masyarakat akan langsung merasakan dampak positif dari pembangunan," ujarnya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah harus mengambil langkah untuk mengintensifkan penerimaan pajak daerah.

Efisiensi biaya pemungutan dan penyempurnaan mekanisme pengelolaan pajak dan retribusi dapat meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam meningkatkan penerimaan daerahnya secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Pewarta : Oleh La Ode Abdul Rahman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024