Kendari (Antara News) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara (Sutra) meresmikan anggota komisioner dua daerah otonom baru Kabupaten Konawe Kepulauan dan Kolaka Timur.

Ketua KPU Sultra Hidayatulah di Kendari, Jumat, mengatakan komisioner Konawe Kepulauan dan Kolaka Timur menerima tanggungjawab berat untuk melanjutkan tahapan pemilihan kepala daerah.

"Sejak saudara disahkan maka tanggungjawab mendesak dan cukup berat adalah melanjutkan tugas KPU induk dalam urusan Pilkada. Makanya setelah pelantikan ini dilanjutkan orientasi tugas," kata Hidayatullah.

Lima anggota KPU Konawe Kepulauan adalah Anton Jaya, Bahrun, Hasrul, Jaenuddin dan Mutakim Sidiq.

Sedangkan komisioner KPU Kolaka Timur yakni Adly Yusuf, Asri A. Baso, Darwis, Hakpri dan Iwan Kurniawan.

"Publik mengharapkan komisioner bekerja profesional sehingga pemilihan dilegitimasi oleh rakyat. Misi ini menjadi cita-cita insititusi KPU," katanya.

Ia menambahkan lima komisioner Konawe Kepulauan dan lima komisioner Kolaka Timur yang dikukuhkan adalah hasil kerja keras tim seleksi.

"KPU Sultra menilai kinerja tim seleksi calon anggota KPU Konawe Kepulauan dan Kolaka Timur menggembirakan. Meski ada kekurangan masih dalam batas kewajaran dan menjadi bahan perbaikan bagi tim seleksi di masa mendatang," kata Hidayatulah.

Tim seleksi menyerahkan 10 nama calon anggota KPU yang memilki mutu rata-rata sehingga menyulitkan Komisioner Provinsi Sultra menetapkan lima nama (komisioner definitif).

Komisioner KPU Konawe Kepulauan Anton Jaya mengatakan rakyat Konawe Kepulauan menunggu kerja cerdas dan amanah komisioner.

"Kami tahu melanjutkan tahapan pilkada cukup berat tetapi dengan kekompakan dan kkordinas yang baik maka dipastikan ada solusi," kata Anton.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024