Kendari (Antara News) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek) Mohamad Nasir mengharapkan mahasiswa menjadi penggerak perekonomian wilayah pesisir dengan terus melakukan pendampingan dan memberikan pemahaman mengenai potensi maritim yang dapat dikembangkan kepada masyarakat.
Menristek Mohamad Nasir di Kendari, Senin, mengatakan permasalahan masyarakat pesisir cukup besar yakni menyangkut kesejahteraan sehingga mahasiswa harus mampu menjadi penggerak perekonomian wilayah itu.
Menurut dia, untuk menjawab persoalan tersebut, mahasiswa harus menciptakan inovasi dalam pemanfaatan teknologi tepat guna untuk mengelola dan mengembangkan potensi maritim baik perikanan tangkap maupun budidaya, pariwisata, energi dan sumber daya mineral (ESDM) serta transportasi laut.
"Untuk mampu menggali potensi maritim secara optimal masyarakat harus diarahkan untuk meningkatkan nilai tambah produk yang dihasilkan," ujarnya.
Ia menambahkan mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang dimilikinya di tengah-tengah masyarakat sehingga mampu memberikan pemahaman terhadap potensi ekonomi di sektor kelautan dan perikanan.
Dengan demikian diharapkan mahasiswa mampu membantu memecahkan masalah di masyarakat dengan menggerakkan perekonomian masyarakat pesisir.
Selain itu dapat menginkubasi potensi bisnis perikanan yang bisa dikembangkan di wilayah pesisir agar kesejahteraan masyarakat meningkat.
Selain didampingi mengenai pemanfaatan dan pengelolaan potensi kemaritiman, mahasiswa juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah pesisir.
Dengan adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia di wilayah pesisir diharapkan mampu menggerakkan perekonomian nasional lebih cepat.

Pewarta : Oleh La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024