Makassar (Antara News) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesi Robert O Blake memuji keramahan warga Maakasar  dan merasa sangat terkesan dengan sifat persahabatan yang dimiliki penduduk Kota bertajuk angin mamiri itu.

        "Ini pertama kalinya kami merayakan hari kemerdekaan di Makassar, Indonesia. Saya sangat sangat terkesan dengan keramahan warga kota," kata Blake sebelum jamuan makan malam di rumah pribadi Wali Kota Makassar, Kamis malam.

        Blake menyampaikan terima kasih secara mendalam kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama  istrinya Indira Pamanto secara khusus karena  telah memfasilitasi warga Amerika di Makassar bisa merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-239 tahun.

        "Saya bersama warga Amerika yang ada di Makassar berterima kasih karena di jamu makan malam di rumah Pak Wali Kota, sekali lagi terima kasih atas keramahannya," ujarnya.  

        Selain jamuan makan malam, Blake juga terkesan dengan kebudayaan termasuk makanan khas tradisional Coto Makassar sebagai salah satu menu makanan utama pada santap siang tadi di Hotel Aston saat perayaan Independence Day Amerika.  

        Saat ditanya mengapa memilih Makassar untuk perayaan hari kemerdekaan, kata dia, karena banyak mencacatkan sejarah di masa lampau yang sangat penting bagi bangsanya serta keberlangsungan kerja sama hingga saat ini.

        Ia menyampaikan bahwa Amerika akan tetap mempertahankan berbagai bentuk kerja sama, dibidang  ekonomi, pendidikan, budaya dan berbagai bidang lainnya.  dan berbagai bidang lainnya.

        Blake berharap Pemerintah Kota Makassar dapat terus membuka kerjasama baru dengan Amerika Serikat dalam berbagai bidang sehingga kota tersebut bisa menjadi gerbang emas di kawasan Indonesia Timur dan Indonesia untuk kerja sama secara internasional.

        "Saya berharap kerja sama akan terus terjalin antara Amerika dan Makassar di Indonesia dalam berbagai bidang," tambahnya.

        Sementara Wali kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto pada kesempatan itu mengatakan kepada wartawan didampingi Dubes dan warga amerika lainnya, Makassar akan selalu siap dan terbuka membangun kerja sama dengan pihak luar.

        "Amerika merupakan negara besar dan maju dari berbagai bidang. Saya kira kita terbuka untuk terus menjalin kerja positif dengan mereka," ucapnya.

Pewarta : Oleh Darwin Fatir
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024