Kendari (Antara News) - Loka Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI) Kendari menyelenggarakan program Edukasi Pemanfaatan Layanan Keuangan bagi TKI dan Keluarganya.

Kepala LP3TKI Kendari, La Ode Askar di Kendari, Rabu mengatakan, pelatihan tersebut dilakukan agar TKI dan keluarganya dapat mengelola keuangannya dengan cara menabung, mengirim dan menerima uang kiriman, serta mengelola pinjaman dan mengenal asuransi.

"Inti dari kegiatan ini adalah agar TKI dan keluarganya diarahkan untuk dapat mengerti dan mengatur keuangan untuk masa depan mereka," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan agar para TKI dan keluarganya dapat mengelola keuangan untuk kegiatan produktif dengan menggunakan fasilitas perbankan.

Dalam kegiatan tersebut LP3TKI Kendari menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memberikan fasilitas layanan perbankan dan pengelolaan keuangan bagi calon tenaga kerja Indonesia (CTKI), TKI, TKI Purna maupun keluarga mereka.

"Tentunya dengan pelatihan ini uang yang dimiliki TKI saat pulang ke Tanah Air dapat dijadikan modal kerja," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan pelatihan seperti ini TKI diuntungkan, karena dapat mengelola keuangannya secara mandiri dan terpantau dengan baik.

Menurutnya, pelatihan tersebut merupakan tindak lanjut rapat koordinasi pemberdayaan TKI dan keluarganya secara terintegrasi, sebab melibatkan kalangan perbankan.

Oleh karena itu, lanjut Kepala LP3TKI itu, pihaknya memandang perlu untuk terus mendorong peningkatan perluasan akses keuangan dalam rangka penempatan dan perlindungan TKI serta penggunaan transaksi non tunai sehingga terciptanya migrasi keuangan yang baik.

Kegiatan tersebut, berlangsung di salah satu hotel yang ada di daerah itu dan dihadiri tidak kurang dari 50 TKI dan keluarganya.

Pewarta : Oleh Laode Abdul Rahman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024