Kendari (Antara News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan lahan relokasi bagi perambah taman hutan rakyat Murhum di Kelurahan Purirano, Kecamatan Kendari, Kota Kendari.

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra Lukman Abunawas di Kendari, Rabu, mengatakan lahan seluas empat hektare di Kelurahan Purirano sudah dipersiapkan untuk warga yang akan direlokasi dari Tahura Murhum.

"Relokasi pasti dilakukan karena keberadaan ratusan kepala keluarga dalam kawasan hutan tersebut tidak dilegitimasi pemerintah," kata Lukman.

Pemerintah Provinsi Sultra memberi kesempatan terakhir kepada warga untuk meninggalkan Tahura Murhum hingga 31 Mei 2015.

Pemerintah telah melakukan pendekatan persuasif kepada 221 kepala keluarga yang merambah Tahura Murhum sehingga diharapkan kesadarannya untuk bersedia direlokasi, katanya.

Warga yang mendiami puluhan hektare dari luasan kawasan Tahuran Murhum 7899 hektare melakukan kegiatan penanaman tanaman jangka panjang maupun tanaman jangka pendek.

Tim pengarah relokasi Muh Amir mengajak warga agar bersedia dipindahkan ke lokasi yang telah telah disiapkan oleh pemerintah. "Mudah-mudahan warga kooperatif direlokasi sehingga berjalan sesuai harapan," kata Amir yang juga jaksa pada Kejati Sultra.

Tahura Murhum seluas 7.899 hektare berada dalam wilayah pemerintahan Kota Kendari dan Kabupaten Konawe.

Pewarta : Oleh: Sarjono
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024