K endari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari, Rusnani mengatakanmenetapkan kawasan Wisata Mangrove sebagai upaya atau terobosan yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan program green city (kota hijau).

"Penetapan dan pengembangan kawasan wisata mangrove di Kendari juga memperluas Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Kendari," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Kendari, Rusnani di Kendari, Kamis.

Dia menyebutkan, kawasan mangrove (bakau) yang akan dikembangkan seluas 50 hektare yang berada tepat di bibir Teluk Kendari Kelurahan Lahundape.

"Tahun ini insya Allah pematangan lahan kawasan wisata Mangrove sudah akan dilaksanakan dan kami akan masuk nanti untuk penataan taman hijaunya sehingga menjadi bagian RTH Kendari," katanya.

Untuk menciptakan visi Kota Kendari sebagai Kota Hijau, kata dia, pemerintah Kota Kendari menjalankan sejumlah aksi yakni di antaranya, green planning and design, green open space, green community, green transportation, green energy, green building, green water, dan green waste.

"Untuk program pengembangan wisata mangrove Teluk Kendari merupakan bagian dari aksi yang tercantum dalam aksi green open space atau ruang terbuka hijau," katanya.

Pemkot Kendari, lanjutnya, fokus melakukan terobosan dan upaya untuk penyelamatan ekosistem mangrove agar tetap lestari berada di bibir Teluk Kendari.8:02:08

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024