Kendari (Antara News) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop) menyediakan dana pemberdayaan kelompok usaha bersama (KUBE) nelayan pesisir di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebesar Rp270 juta/kelompok.
"Berapa jumlah KUBE nelayan pesisir yang akan mendapatkan dana pemberdayaan itu, masih belum ditentukan. Yang pasti, KUBE yang akan diberikan bantuan itu adalah yang berbadan hukum lembaga koperasi," kata Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Sultra, La Ode Hakimu di Kendari, Kamis.
Saat ini, kata dia, ada 10 KUBE dari 10 kabupaten/kota yang mengajukan proposal kepada Dinas Koperasi dan UKM untuk direkomendasikan kepada Kemenkop dan UKM agar KUBE tersebut diberikan bantuan pemberdayaan.
Menurut dia, dana pemberdayaan ekonomi kepada KUBE tersebut diperuntukan bagi pengadaan sarana tangkap ikan para nelayan pesisir anggota KUBE berbadan hukum koperasi.
Sarana tangkap ikan tersebut berupa jaring ikan, alat pancing atau mesin kantinting untuk perahu nelayan.
"Diharapkan, dengan bantuan pemberdayaan berupa pengadaan sarana tangkap ikan ini, tingkat kesejahteraan nelayan pesisir anggota KUBE, sudah bisa meningkat," katanya.
Menurut dia, sebagian besar nelayan pesisir di daerah ini masih hidup di bawah garis kemiskinan karena keterbatasan sarana produksi tangkap ikan yang dimiliki para nelayan.

Pewarta : Oleh Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024