Manado (Antara News) - Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo H Sarundajang optimistis pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di daerah ini berlangsung aman karena aparat kepolisian bekerja sama dengan TNI ikut mengawalnya.

        "Pilkada di Sulut akan berlangsung 9 Desember. Menurut kapolda tidak masalah karena mengenai keamanan dijamin," kata Gubernur di Manado, Kamis.

        Gubernur mengatakan di Provinsi Sulut sebanyak delapan daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

        Delapan daerah tersebut yaitu Provinsi Sulut, di mana masa jabatan gubernur dan wakil gubernur akan berakhir berakhir pada tanggal 20 September 2015, selanjutnya jabatan Bupati Bolaang Mongondow Timur masa jabatan akan berakhir pada tanggal 4 Oktober 2015.

        Masa jabatan Wali Kota Manado, Bupati Minahasa Utara, Bupati Minahasa Selatan, Bupati Bolaang Mongondow Selatan akan berakhir pada Desember 2015, sementara jabatan Wali Kota Tomohon dan Wali Kota Bitung berakhir pada Januari 2016.

        "Untuk jabatan bupati atau wali kota bukan lagi saya yang akan menetapkan. Karena setelah berakhir masa jabatan, akan ada pejabat baru. Dialah yang akan menetapkan penjabat bupati dan wali kota tersebut," katanya.

        Mantan inspektur jenderal Departemen Dalam Negeri mengharapkan semua pihak termasuk masyarakat ikut memelihara keamanan sehingga memberikan rasa nyaman pada pelaksanaan pesta demokrasi Desember mendatang.  "Menjadi tanggung jawab kita bersama menjaga keamanan. Situasi daerah yang kondusif akan memberi ruang bagi kita semua melaksanakan pilkada serta membangun di berbagai sektor," katanya.

Pewarta : Oleh Karel A Polakitan
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024