Kendari (Antara News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana memamerkan berbagai jenis batu akik pada pameran yang digelar di Gedung Kementerian Perindustrian Jakarta, 21-24 April 2015.
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Penanaman Modal Kabupaten Bombana, Kasim D dihubungi melalui telepon dari Jakarta, Selasa, mengatakan, batu akik yang ditampilkan itu berasal dari berbagai wilayah kecamatan di daerah tersebut.
"Aneka motif batu itu di antaranya berasal dari Pulau Kabaena, Roko-roko dan Kalangkari, Kecamatan Rarowatu Utara, Mataosu," kata mantan Sekretaris Dinas Perhubungan Bombana itu.
Menurut Kasim, pihaknya mengambil bagian dalam pameran tersebut untuk mempromosikan dan mengenalkan batu akik yang terdapat di Bombana secara nasional.
"Selama ini batu akik Bombana belum terekspos secara nasional, yang diketahui baru secara regional atau antardaerah," ujarnya.
Melalui pameran tersebut, kata dia, diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pengrajin lokal dan membuka peluang kepada peminat batu akik untuk berinvestasi di Bombana.
Batu akik di Bombana itu, kata Kasim, beraneka motif di antaranya batik roko-roko, panca warna, hijau botol, madu, pepaya, fosil cendana dan lain-lain.
"Yang pasti bahwa batu akik yang dipamerkan kali ini terdapat kurang lebih 20 warna dan aneka motif," tegasnya.

Pewarta : Oleh Abdul Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024