Kendari  (Antara News) - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara, melakukan kerjasama penelitian luar negeri, sebagai wujud mengamalkan tridarma perguruan tinggi dan meningkatkan hasil penelitian dalam jurnal internasional.

Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UHO, DR La Aba, di Kendari, mengatakan penelitian yang dilakukan oleh UHO bukan saja pada lingkup penelitian lokal dan nasional, tetapi pihaknya juga aktif menjalin kerjasama dengan pihak perguruan tinggi asing untuk meneliti.

"Untuk tahun 2015 ini, ada empat judul penelitian dengan kerjasama luar negeri, yakni untuk bidang Fisika, Kimia, Matematika dan Biologi,"ujarnya.

Ia menambahkan, empat judul penelitian tersebut yakni, untuk bidang Fisika dengan judul "a study and development on microwave absorber using rice husk waste material derived silica and alumina ceramic matrix" yang dilaksanakan di Jepang.

Kemudian, bidang Kimia berjudul "scleractinian corals of Kendari bay, Indonesia: their roles as bioindicator of metals pollution and reconstuctor of climate changes" yang dilaksanakan di Jepang.

Sementara, bidang Matematika berjudul "development asymptotic procedures of multivariate spatial linear regression using the set-Indexed partial sum stochastic of the least squares residual of the observations: design, predicition and simulation" dilaksanakan di Jerman.

Selanjutnya, bidang Biologi dengan judul "ecosystem function of mangroves as biofilter and blue carbon source for the coastal zone at hhe Rawa Aopa Watumohai National Park and its surrounding areas, Southeast Sulawesi, Indonesia" yang dilaksanakan di Sultra kerjasama Jepang.

"Melalui penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah jurnal penelitian internasional yang sekaligus dapat meningkatkan akreditasi,"ujarnya.

Ia menambahkan, hasil dari penelitian ini dapat menghasilkan data-data yang berkulitas yang dapat digunakan sebagai acuan keilmuan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024