Kendari  (Antara News) - Wakil Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Parinringi, mengatakan situs makam Raja Lakidende merupakan salah satu daya tarik wisata di daerah itu.

"Kompleks situs makam Raja Lakidende ini akan kami lengkapi dengan berbagai fasilitas seperti rumah adat Kabupaten Konawe (Laika Aha)," katanya di Kendari, Sabtu.

Laika Aha, kata Parinringi, nantinya akan menjadi museum kerajaan Konawe yang pernah berdiri di daerah itu dengan raja yang terkenal adalah Raja Lakidende.

"Kalau Laica Aha itu sudah berdiri, maka informasi budaya mengenai Raja Lakidende dan Kerajaan Konawe secara umum bisa diperoleh ditempat itu," katanya.

Dengan demikian, kata dia, Kompleks makam Raja Lakidende itu akan menjadi daya tarik wisaya budaya di daerah penghasil beras terbesar di Sultra tersebut.

"Saat ini kami rutin melakukan pembersihan, agar makam panutan kita ini tetap terjaga keindahannya dan jauh dari kesan keramat," katanya.

DPRD setempat, kata Parinringi, sangat mensuport untuk pembangunan rumah adat tersebut karena merupakan upaya untuk mengangkat dan melestarikan budaya di Kabupaten Konawe.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024