Kolaka  (Antara News) - Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan menebar rumpon di beberapa titik yang dianggap sebagai tempat berkumpulnya ikan.

Langkah ini dilakukan DKP agar masyarakat pesisir dalam menangkap ikan tidak terlalu sulit sehingga bisa menunjang perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Syafruddin di Kolaka, Kamis, mengatakan, pihaknya kini akan menambah pemasangan sembilan rumpon tahun ini.

"Kami menginginkan agar masyarakat yang berada di pesisir bisa hidup sejahtera dan tidak terlalu jauh mencari ikan," katanya.

Selain itu, lanjutnya, DKP juga memberikan bantuan berupa alat tangkap ikan lainnya seperti pembuatan karamba.

Syafruddin juga menjelaskan, Dinas kelautan dan perikanan memberikan kemudahan kepada nelayan budidaya tambak, baik udang dengan membuat kolam budidaya.

"Kalau memang ada warga yang ingin membuat tambak maka kami siap membantu dalam pembuatan kolam dengan menggunakan alat berat milik DKP," ucapnya.

Sektor tambak udang ini kata dia, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat karena sekarang menjadi primadona.

Yang pastinya, lanjutnya, masyarakat pesisir bisa menghasilkan pendapatan yang lebih sehingga bisa membuat kehidupan mereka sejahtera.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024