Andoolo (Antara News) - Penyelenggaraan pembangunan dan sosial kemasyarakatan Kabupaten Konawe Selatan mendapat apresiasi dari anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Yusran Silondae.

Anggota DPD RI Yusran Silondae di Andoolo, Rabu, mengatakan pembangunan infrastruktur Konawe Selatan yang mekar tahun 2003 dari kabupaten induk, Konawe menunjukan kemajuan menggembirakan.

"Kemajuan pembangunan infrastruktur dan sosial kemasyarakatan adalah tujuan hakiki daripada pemekaran suatu wilayah. Konawe Selatan dalam usianya 11 tahun cukup menggembirakan," kata Yusran yang juga mantan wakil gubernur Sultra.

Penilaian tersebut disampaikan Yusran saat melakukan kunjungan kerja menjaring aspirasi dari Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan dan masyarakat setempat.

Yusran yang juga putra daerah Kabupaten Konawe Selatan mengagendakan pertemuan dengan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan para tokoh masyarakat setempat.

Pembangunan Konawe Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Imran dengan pasangannya Sutoardjo Pondiu dalam kurun waktu 10 tahun atau dua periode pemerintahan, mengalami kemajuan, khususnya infrastruktur.

Infrastruktur jalan di wilayah Konawe Selatan sudah banyak teraspal, berbeda ketika daerah ini pertama kali mekar dari kabupaten induknya masih banyak yang rusak," kata mantan Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sultra ini.

Yusran juga menegaskan, akan mendorong aspirasi masyarakat untuk memekarkan wilayah Konawe Timur dari Konawe Selatan dengan tetap mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Menurut dia, jika pemerintah dan DPRD serta masyarakat Kabupaten Konawe Selatan sudah sepakat untuk memekarkan Konawe Timur dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka dapat mengajukan kepada pemerintah pusat.

"Saya mendukung rencana pembentukan Konawe Timur asalkan syarat-syaratnya terpenuhi. Jika sudah lengkap segera ajukan kepada pemerintah pusat untuk dibahas bersama usulan daerah lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten Konawe Selatan Rustam Silondae mengharapkan pertemuan dengan anggota DPD RI Yusran Silondae dapat membawa manfaat untuk kemajuan pembangunan dan masyarakat daerah setempat.

"Kami berharap kunjungan pak Yusran di Kabupaten Konawe Selatan yang telah mendengarkan aspirasi dari SKPD dan para tokoh masyarakat dapat diperjuangkan kepada pemerintah pusat," kata Rustam.

Pewarta : Oleh: Sarjono
Editor :
Copyright © ANTARA 2024