Kendari  (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), tahun depan akan menambah armada bus sebanyak empat unit, untuk memperkuat jaringan Sistem Angkutan Umum Masal (SAUM) di wilayah setempat.

Wali Kota Kendari, Asrun, di Kendari, Kamis, mengatakan, pengadaan empat bus tersebut untuk menambah tiga unit bus yang sudah ada sebelumnya.

"Tiga unit bus yang sudah ada yakni pengadaan 2013 sebanyak dua unit, pengadaan 2014 sebanyak satu unit, dan kita akan adakan untuk tahun anggaran 2015 sebanyak empat unit," kata Asrun.

Menurut dia, pengadaan kendaraan tersebut menggunakan anggaran pendapatan daerah (APBD) murni Kota Kendari, bukan hibah dari pihak manapun.

Ia mengatakan, armada bus tersebut nantinya akan membantu melayani rute khusus yang dilayani kendaraan sistem angkutan massal tersebut, yakni yang melewati Rumah Sakit Abunawas hingga ke Kantor Gubernur Sultra.

"Dengan pengoperasian armada bus selama ini sudah sangat membantu warga di jalur itu, karena selama ini jalur tersebut tidak dilalui oleh angkutan kota," katanya.

Pemerintah Kendari, kata Asrun, akan terus melakukan penambahan armada bus dalam rangka memperkuat sistem jaringan angkutan umum massal di daerah itu.

"Sebenarnya kami ingin mengadakan angkutan ini sesuai kebutuhan rute, tetapi karena keterbatasan anggaran sehinga kami sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024