Kendari  (Antara News) - Dinas Sosial (Dinsos) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyalurkan dana bantuan pemberdayaan ekonomi kepada 170 kelompok usaha bersama (Kube) di daerah itu.

Kepala Dinsos Sultra, H Iskandar di Kendari, Senin mengatakan, KUBE yang memperoleh bantuan pemberdayaan ekonomi tersebut tersebar di 12 kabupaten dan dua daerah kota.

"Setiap kelompok KUBE yang beranggotakan 10 kepala keluarga, diberikan bantuan pemberdayaan ekonomi sebesar Rp20 juta," katanya.

Menurut dia, kelompok KUBE yang diberikan bantuan dana pemberdayaan ekonomi tersebut adalah keluarga yang berpenghasilan rendah.

Selain itu, kata dia, juga anggota KUBE yang belum memiliki rumah layak huni atau rumah masih lantai tanah.

"Kriteria rumah tidak layak huni adalah rumah yang masih atap daun nipa, dinding bambu dan lantai rumah belum disemen," katanya.

Menurut dia, kelompok KUBE yang mendapat bantuan tersebut hanya sebagian kecil dari jumlah kelompok KUBE yang membutuhkan bantuan di Sultra.

Namun Kementrian Sosial baru menyentuh sebanyak 170 kelompok karena dana yang tersedia sangat terbatas.

"Kelompok KUBE yang belum mendapat bantuan tahun 2014 ini, kita akan usulkan untuk memperoleh bantuan KUBE tahun 2015," katanya.


Pewarta : Agus
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024