Tiom, Lanny Jaya, 28/11 (Antara) -  Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana M Yembise pada Jumat siang meresmikan 143 sekolah Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

        "Atas nama Presiden Republik Indonesia, saya menyatakan secara resmi beroperasinya ratusan TK dan PAUD di Lanny Jaya," kata Menteri Yohana di hadapan Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom di Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Jumat.

        Mantan dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cenderawasih itu juga memuji semangat kerja dari Bupati Befa Yigibalom dan jajarannya dalam peningkatan pendidikan dasar di Lanny Jaya.

        "Saya kagum, kami di Papua memiliki Bupati Befa yang hebat. Luar biasa semangat kerjanya dan hari ini kami semua disambut meriah dengan anak-anak TK dan PAUD," katanya.

        Menteri Yohana juga berterimakasih dengan sambutan yang hangat dari anak-anak TK, PAUD dan masyarakat Lanny Jaya yang telah berkomitmen untuk mempercepat pembangunan disektor pendidikan dasar.

        Sebelumnya, Bupati Befa Yigibalom dalam sambutannya mengatakan,"Selama tiga tahun kepemimpinan saya dan wakil Pak Kogoya kami ingin memperkuat pendidikan usia dini. Itulah kehadiran Ibu Menteri Yohana, Bapak Gubernur Lukas Enembe dan para tamu undangan untuk datang hadir menyaksikan pembangunan di daerah kami," katanya.

        Bupati Befa juga mengakui jika pendidikan dasar beberapa didaerah itu cukup tertinggal, namun dengan adanya program pendidikan, pihaknya segera mempercepat peningkatan kualitas pendidikan dasar di daerah itu.

        "Termasuk kami siapkan 50 anak Lanny Jaya sekolah di sejumlah negara. Saya bilang ke mereka, tunjuk negara mana yang akan kalian tuju, pemerintah siapkan RP5 miliar, ini juga bagian dari mendukung program dari Bapak Gubernur Lukas Enembe," katanya.

        Sebelumnya, sekitar pukul 11.30 WIT rombongan Menteri Yohana yang didampingi Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw tiba di Lapter Tiom dan disambut oleh Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom dan unsur muspida setempat.

        Menteri Yohana dan rombongan kemudian disambut ribuan anak TK dan PAUD yang berlari dari pinggir Lapter Tiom, dan terllihat dua pasang anak TK dan PAUD memberi kalung tradisional setempat dan dipakaikan ikat kepala berbentuk burung Cenderawasih.

         Menteri Yohana berada di Kota Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Papua pada Jumat pagi dalam rangka kunjungan kerjanya didaerah itu.

Pewarta : Oleh Alfian Rumagit
Editor :
Copyright © ANTARA 2024