Ternate   (Antara News) - Badan Nasional Narkoba Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut), menjadwalkan untuk melakukan tes urine bagi pejabat di Pemprov Malut, termasuk gubernur dan wakil gubernur Malut.

         "Selain itu, Sekdaprov Malut Madjid Husen juga telah menyatakan kesediaannya untuk dilakukan tes urine bersama seluruh pimpinan SKPD di Pemprov Malut," kata Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, BNN Malut, Rustam Lating di Ternate, Rabu.

         Ia menyatakan, pihaknya telah menyurat ke Pemprov Malut mengenai kesiapan institusi tersebut menjalani tes narkoba dan telah dijadwalkan 27 November yang dipusatkan di Kantor Gubernur Malut, semua pejabat teras di Pemprov Malut akan menjalani tes urine.

         Tes urine yang akan dilakukan bagi seluruh pejabat teras di Pemprov Malut, tim BNNP Malut akan menerjunkan puluhan personelnya yang langsung dipimpin Kabid Dayamas, Usman Latuconsina.

         Ia mengatakan, kalau di Malut, walikota dan wakil walikota Ternate telah menjalani tes narkoba dan BNN Malut akan kembali melakukan tes bagi pimpinan SKPD dan staf pada masing-masing instansi dan berdasarkan arahan dari walikota, dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan pemeriksaan atau tes urine di lingkup SKPD Pemkot Ternate.

         Pemeriksaan atau tes urine bagi pimpinan SKPD, kata Rustam, akan dilakukan dengan sistim inspeksi mendadak atau sidak, jadi kita menggunakan sistem grebek, pemeriksaan atau tes urine ini, meliputi pimpinan SKPD, sekretaris, Kepala Seksi, para Kabid dan Kasubbid, akan kita tes urine.

         Sehingga, dengan dilakukan system sidak ini, bisa membuktikan kalau Pemkot Ternate benar-benar tak kompromi dengan narkoba, salah satunya siap menjalani tes urine
    Pemerintah Provinsi Malut, menyatakan kesiapannya untuk menjalani tes urine, sebagai upaya untuk memastikan kalau pejabat di institusi itu bebas narkoba.

         Wakil Gubernur Malut, Muhammad Natsir Thaib ketika dihubungi mengatakan, sebagai pejabat publik dirinya siap melakukan tes urine, guna memastikan apakah terlibat narkoba atau tidak, sehingga dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat
    "Kalau Gubernur dan Wakil Gubernur bersikap melakukan tes urine, maka Pimpinan SKPD atau bawahan harus siap mengikutinya, dengan siap menjalani tes urine dan telah dijadwalkan 27 November 2014," katanya.

         Dia mengatakan, Kalau Pimpinan sudah siap, maka  bawahan juga harus lebih lagi siap, olehnya sikap Gubernur ini  agar pemerintahan berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat dicontohi oleh masyarakat daerah ini.

Pewarta : Abdul Fatah
Editor :
Copyright © ANTARA 2024