Kendari   (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari mendorong warga pembudidaya ikan di daerah itu untuk mengembangkan jus ikan gabus sebagai salah satu hasil produksi perikanan.

Wakil Wali Kota Kendari, Musaddar Mappasomba, di Kendari, Kamis, saat membuka temu asosiasi pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, mengatakan bahan baku ikan gabus di Kendari melimpah dan mudah didapatkan.

"Selain dibudidaya oleh petani, juga ditangkap langsung di sungai atau di rawa-rawa oleh warga daerah ini, atau warga dari daerah lain yang datang memasarkan hasil tangkapan di Kendari," katanya.

Musaddar mengatakan, hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam ikan gabus ternyata terdapat zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

"Hasil penelitian di dalam ikan gabus itu terdapat zat yang namanya albumin zat ini sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk pengobatan pasca-operasi. Ini jika di kembangkan menjadi keuntungan bagi Kendari dan bisa menambah pendapat asli daerah," katanya.

Ia mengatakan, ikan gabus saat ini lebih mudah lagi didapat karena banyak hidup di daerah sungai, rawa, parit daerah pasang surut dan sawah-sawah berair.

"Sekarang ikan gabus sudah banyak diolah menjadi ekstrak pil, fillet, bakso, kerupuk, nugget, sosis dan tepung ikan. Tetapi yang lebih bagus lagi dikembangkan menjadi jus ikan gabus dan ini akan lebih diburu orang," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024