Kolaka (Antara News) - Bupati Kolaka Ahmad Safei mencanangkan gerakan PKK dan KB Kesehatan (KB-Kes) yang dirangkaikan dengan lomba masak makanan non beras.

Ahmad Safei mengingatkan, peran keluarga sangat penting dalam mengawasi pergaulan anak sehingga terhindar dari hal-hal yang negatif karena saat ini banyak anak muda yang terjebak dalam pergaulan tanpa pengawasan keluarga, sehingga mengakibatkan salah dalam melakukan pergaulan.

"Beberapa hari lalu kami sempat mengunjungi Rutan Kolaka dan sesuai data yang ada di Rutan itu bahwa dua pert tiga tahanan adalah pengguna narkoba dan umumnya dilakukan oleh anak usia muda," katanya.

Begitu juga tindak kriminal lainnya, kata Safei, banyak kasus yang terjadi di Kolaka denngan pelaku umumnya  masih tergolong muda, sehingga mencerminkan kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya.

"Ini tugas kita bersama sebagai orang tua untuk lebih mengawasi pergaulan anak di luar rumah," ujarnya.

Dalam pencanangan gerakan PKK dan KB-Kes tersebut, mantan Sekda Kolaka ini juga mengingatkan seluruh lapisan masyarakat agar mementingkan kesehatan lingkungan tempat tinggal.

"Kami minta para camat, kepala desa, lurah dan ketua PKK agar segera menyampaikan hal ini kepada masyarakat luas karena ketika lingkungan tidak sehat, maka penyakit juga akan mudah datang," ujar Safei.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana, Mustajab mengatakan, pencanangan gerakan PKK dan KB Kes ini untuk mendekatkan diri dan memberikan kesadaran kepada masyarakat akan KB dan kesehatan.

"Kegiatan ini bertujuan memantapkan keterpaduan di tengah masyarakat akan program pemerintah yakni kampanye kesehatan," kata Mustajab yang juga Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kolaka.

Pada kegiatan tersebut pemerintah daerah dan PT Aneka Tambang Unit Bisnis Pengembangan Nikel Sultra memberikan beberapa bantuan kepada masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan serta sarana.

Pewarta : Oleh: Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024