Kendari (Antara News) - Ketua PDIP Sulawesi Tenggara Hugua mengatakan, sembilan program pembangunan unggulan pemerintahan Joko Widodo - Mohammad Jusuf Kalla yang dikemas dalam program Nawacita, bisa mewujudkan Trisakti dari Bung Karno.

"Trisakti yang dicita-citakan Bung Karno adalah terwujudnya kedaulatan politik, kemandirian ekonomi dan bermartabat dalam kebudayaan bangsa," kata di Kendari, Selasa.

Program Nawacita Jokowi - JK yang memuat sembilan program unggulan, kata dia, bisa menjadi jalan bagi terwujudnya cita-cita Trisakti dari Bung Karno, presiden pertama RI.

"Melalui program Nawacita, pemerintahan Jokowi-JK akan mendirikan bank petani dan nelayan, menyediakan 9 juta hektare lahan untuk petani dan menyediakan beras miskin kualitas terbaik," katanya.

Menurut Hugua, Bank Petani dan Nelayan yang akan didirikan, khusus melayani nelayan dan petani untuk mendapatkan fasilitas kredit murah dan mudah.

Murah karena pemohon tidak dibebani dengan bunga tinggi melainkan bunga sangat rendah dan mudah karena pemohon tidak perlu menyertakan agunan untuk mendapatkan kredit di bank tersebut, tetapi dengan hanya modal tanggung renteng.

Sementara penyediaan lahan 9 juta hektare untuk petani (sawah dan perkebunan, kelapa, cengkeh, kakao, kopi) untuk menjamin ketahanan pangan nasional sehingga Indonesia bisa swasembada pangan dan tidak perlu lagi mengimpor beras.

"Program Nawacita Jokowi - JK juga akan memperhatikan kesejahteraan buruh. Para buruh (buruh pabrik, tani, nelayan, tukang batu/kayu) dipastikan bisa mendapatkan upah sesuai dengan standar hidup minimum," katanya.

Menurut dia, salah satu butir dari sembilan butir Nawacita adalah merevitalisasi 5.000 pasar tradisional di seluruh Indonesia.

"Pasar-pasar tradisional yang ada akan direvitalisasi menjadi tempat yang nyaman bagi para pedagang dan pembeli untuk bertransaksi," katanya.

Selain itu, Jokowi - JK juga menggulirkan program Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar.

Kartu Indonesia Sehat memberikan jaminan kepada rakyat Indonesia, terutama dari keluarga yang kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di rumah sakit.

"Pemerintahan Jokowi - JK juga akan meningkatkan kesejahteraan guru, baik menambah gaji pokok maupun tunjangan sertifikasi guru termasuk kesejahteraan PNS dan TNI/Polri dan memperhatikan kesejahteraan buruh," katanya.

Untuk memudahkan distribusi barang dari pusat-pusat produksi di seluruh Indonesia, Jokowi - JK menggulirkan program tol laut yang bisa menekan disparitas harga barang di kawasan Timur Indonesia dan Kawasan Barat Indonesia.

"Kalau program Nawacita ini benar-benar berjalan sesuai yang diharapkan Jokowi - JK, cita-cita Trisaksi Bung Karno akan terwujud dan bangsa Indonesi akan menjadi raksasa ekonomi di dunia, setelah India dan Tiongkok," katanya.

Pewarta : Oleh: Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024