Kendari   (Antara News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara diminta memberdayakan para nelayan di daerah itu supaya pendapatan mereka bisa maksimal, kata Wakil Ketua DPRD Sultra Nursalam Lada.

"Potensi sumber daya kelautan terutama perikanan cukup melimpah di wilayah perairan laut Sultra, namun sebagian besar keluarga nelayan masih hidup miskin karena tidak memiliki kemampuan menyediakan sarana produksi sendiri," katanya di Kendari, Selasa.

Menurut dia, jika potensi perikanan Sultra dimanfaatkan secara optimal oleh para nelayan di daerah itu, bukan hanya bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga para nelayan melainkan juga bisa memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

Bahkan, kata dia, pengelolaan sumber daya kelautan Sultra secara optimal, bisa mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Ia menjelaskan potensi sumber daya kelautan bukan hanya menghasilkan protein, tetapi juga bisa menjadi sumber pangan dan obat-obatan yang menjadi sumber kehidupan jutaan penduduk dunia.

Politikus DPIP itu mengingatkan Pemerintah Provinsi Sultra untuk terus menjaga kelestarian ekosistem perairan laut.

Dengan begitu, katanya, ketersediaan bahan baku untuk berbagai industri pangan dan obat-obatan dari bahan perikanan dan biota laut dapat terus berkelanjutan.

"Untuk memaksimalkan pemanfaatan sumber daya kelautan berbasis ekonomi kelautan, diperlukan pengembangan kawasan perikanan minimal dalam satu wilayah kabupaten atau kota, satu kawasan pengembangan," katanya.

Menurut dia, pengembangan kawasan perikanan bisa mendorong pembangunan bidang kelautan dan perikanan berjalan secara konsisten, sistematik, dan berkesinambungan.

"Pengembangan kawasan perikanan, bisa mendukung program Sistem Logistik Ikan Nasional yang diluncurkan Kementerian Kelautan dan Perikanan akhir-akhir ini," katanya.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024