Jakarta   (Antara News) - Politisi Partai Gerindra Edhy Prabowo mengatakan pertemuan Jokowi dengan Prabowo Subianto telah membangun suasana yang lebih harmonis, khususnya dalam situasi perpolitikan nasional.

         "Satu hal yang kita tangkap, pertemuan ini jadi membangun suasana yang lebih harmonis di Indonesia," katanya di lokasi pertemuan Jokowi dengan Prabowo, di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat.

         Dia mengatakan bahwa Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra memohon kader dan pendukungnya bisa menerima keterpilihan Jokowi sebagai Presiden RI.

         "Sekarang pertarungan telah selesai. Beliau mohon kader Gerindra dan pendukung bisa terima. Pada akhirnya yang terpenting adalah bagaimana bisa hidup kondusif, permasalahan bisa cepat selesai, dan negara bisa besar," kata dia.

         Edhy mengatakan pihaknya tidak pernah bertikai dengan kubu Jokowi. Namun dia tidak memungkiri pernah terjadi persaingan dan pertarungan politik.

         "Pak Prabowo meminta maaf kalau ada hal-hal keras, itu pertandingan, tapi ini sudah selesai," jelas dia.

         Edhy menekankan posisi politik Gerindra saat ini konsisten sebagai partai oposisi bersama Koalisi Merah Putih. Partainya akan menjadi penyeimbang dalam jalannya pemerintahan.

         Lebih jauh Edhy mengatakan pertemuan Jokowi dengan Prabowo diawali dengan komunikasi yang dibangun politisi PDI Perjuangan Aria Bima dengan dirinya.

         "Mas Bima telepon saya menanyakan kok Pak Prabowo tidak mau ketemu Pak Jokowi. Saya bilang tidak ada undangan, saya bilang kalau masalah ketemu Pak Prabowo pasti mau," beber Edhy.

         Dia mengatakan percakapannya dengan Aria Bima lalu mengerucut kepada penentuan waktu dan lokasi pertemuan.

         "Saya tanya tempatnya di mana, di Kertanegara atau di Hambalang. Kalau di Hambalang Pak Prabowo merasa terhormat sekali karena itu rumah pribadinya, tapi akhirnya di sini agar tidak terlalu jauh, dan jamnya jam 10.00 WIB pagi," kata dia.

         Pada hari ini Jokowi bertemu dengan Prabowo di kediaman almarhum ayah Prabowo di Rumah Kertanegara Nomor IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

         Pertemuan ini sejalan dengan rencana Jokowi menemui sejumlah petinggi partai menjelang pelantikannya sebagai Presiden terpilih. Sebelumnya Jokowi sudah bertemu dengan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie dan petinggi PPP.

         Pada pertemuan antara Jokowi dengan Prabowo hari ini, Prabowo sempat mengajak Jokowi agar bertandang ke Hambalang. Prabowo mengaku ingin mengajak Jokowi bernyanyi di kediaman pribadinya.

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024