Bombana  (Antara News) - Pimpnan sementara DPRD Kabaupaten Bombana, Andi Firman,SE, MM mengatakan pasca pelantikan dan pengambilan sumpah menjadi anggota DPRD 2014-2019  berjanji akan mewujudkan harapan rakyat.

"Sebagai anggota DPRD memang ada tiga kewenangan yang diamanahkan undang-undang yakni bidang legislasi, anggaran dan pengawasan, namun dari ketiga tugas itu harapan dan keinginan rakyat tetatp jadi perhatian semua anggota dewan," ujaranya, kepada wartawan usai dilantik dan diambil sumpahnya menjadi anggota legislatif di gedung utama DPRD Bombana, Kecamatan Rumbia, (1/10).

Ia mengatakan sebagai lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, tentu aspirasi rakyat yang memilihnya hingga duduk di DPRD akan menjadi hal utama untuk diperjuangkan.

"Pembentukan peraturan daerah bersama bupati sudah pasti, termasuk peraturan daerah yang mungkin belum diselesaikan anggota DPRD lama akan kita terusakan untuk melahirkan perda," ujarnya.

Sebagai representasi rakyat, DPRD mempunyai fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan artinya bahwa selain membentuk perda bersama pihak eksekutif juga yang lebih utama adalah apa yang menjadi harapan rakyat akan diperjuankan.

Namun demikian, kata politisi muda dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, dari 25 anggota DPRD yang baru dilantik, maka tugas dan wewenang yang dimaksud itu belum bisa dilaksanakan secara optimal sebelum menjalani orientasi terlebih dahulu.

"Semua anggota harus menjalani orientasi terlebih dahulu agar memahami tugas dan wewengnya serta berbagai hal terkait parlemen," ujaranya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Bombana dilakukan Hakim Madya Pengadilan Negeri Baubau Denny Tulangow, partai Amanat Nasional meraih kursi terbesar yakni 9 dari 25 kursi. Sementara peraih kursi terbesar kedua dan ketiga adalah Partai Golkar dan Parati Persatuan Pembangungan (PPP) dengan meraih masing-masing 3 kursi.

Partai peraih dua kursi masing-masing PBB, Gerindra dan Nasdem. Sedangkan Partai Demokrat, hanura PKS dan PDIP hanya meraih masing-masing satu kursi.

Pada malam ramah tamah anggota DPRD baru dan pisah sambut anggota DPRD lama masyarakat ibukota Bombana dihibur dengan artis papan atas tanah air yakni grub band Wali yang dipusatkan di alun-alun eks MTQ pinggir pantai Kassipute.

Pewarta : Antara
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024