Ambon  (Antara  News) - Kodam XVI/Pattimura dan jajaran Polda Maluku menggelar olahraga bersama di Ambon, Maluku, Jumat, untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) TNI ke-69 pada 5 Oktober 2014.

         "Olahraga bersama ini dilaksanakan untuk memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan terhadap sesama komponen bangsa," kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Meris Wiryadi.

         Jenis olahraga bersama yang ditampilkan adalah  senam aerobik, tenis lapangan, badminton, tenis meja, bola volly dan sepeda santai.

         Menurut Pangdam, melalui kegiatan olahraga bersama akan semakin mempererat jalinan kebersamaan, persatuan dan kesatuan antara sesama  para Perwira TNI dan Polri.

         "Kegiatan olahraga ini sebagai perwujudan mempelopori  kemanunggalan TNI-Rakyat serta meningkatkan soliditas baik sesama TNI, TNI-Polri maupun TNI-Masyarakat," katanya.

         Selain itu, lanjut Pangdam, kegiatan olahraga bersama ini juga bertujuan untuk memelihara serta menjalin komunikasi yang harmonis dan positif di antara sesama aparat keamanan di daerah ini.

         "Untuk membangun keamanan yang kondusif perlu dilakukan komunikasi antarsesama aparat keamanan, ini tidak hanya dilakukan secara resmi tetapi juga secara tidak resmi melalui kegiatan olahraga bersama, sehingga tetap terjaga stabilitas keamanan, karena  keamanan merupakan modal utama untuk membangun negeri ini," ujar Pangdam Meris.

         TNI dan Polri sebagai sesama aparat keamanan, kata Pangdam  perlu terus menjaga kekompakan, bekerja sama, soliditas dan saling membantu satu sama lain.

         "Kita sebagai aparat keamanan adalah motor penggerak serta suri tauladan bagi masyarakat dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa," katanya.

         Karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan akan dapat semakin mempererat jalinan kebersamaan, persatuan dan kesatuan antarsesama para Perwira TNI dan Polri.

         Pangdam Meris juga berharap, agar melalui kegiatan olahraga bersama, bisa mengenal lebih dekat sesama personil aparat keamanan, sehingga akan semakin tumbuh semangat persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa.

Pewarta : Penina Mayaut
Editor :
Copyright © ANTARA 2024