Kolaka   (Antara News) - Kantor Kemenag Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, mulai melaksanakan manasik haji bagi 409 calon jamaah haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.

Kepala seksi penyelenggaraan haji dan Umroh kantor Kemenag Kolaka, Syamsul Rijal di Kolaka, Kamis, menjelaskan pelaksanaan manasik haji yang dilakukan pihaknya untuk memberikan gambaran serta kondisi kepada calon jamaah haji saat melakukan tawaf, sai, wukuf, dengan mengeliling ka`bah dan melempar jumrah.

"Ini penting diketahui calon jamaah haji guna memperlancar jalannya ibadah saat berada di Tanah Suci," katanya.

Pelaksanaan manasik haji tingkat Kabupaten ini, lanjutnya, sebagai salah satu tahapan dengan dua kali pertemuan dengan calon jamaah haji sementara di tingkat kecamatan juga akan dilaksanakan selama tujuh kali pertemuan.

Usai pelaksanaan manasik haji ini, pihaknya juga akan melakukan pelatihan yang ditujukan bagi ketua rombongan dan ketua regu calon jamaah haji.

"Ketua rombongan ini juga perlu diberikan pelatihan karena nantinya mereka yang bertugas mengawasi dan membantu petugas kloter calon jamaah haji yang ikut dalam rombongan," ujarnya.

Untuk tahun ini, jumlah calon jamaah haji yang siap diberangkatkan 412 orang yang terbagi dua kelompok terbang yakni kloter 22 dan 24 yang dijadwalkan akan mulai diberangkatkan menuju embarkasi Makassar pada tanggal 23 September 2014.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024